Cara mengatasi iPhone, iPad, atau iPod touch tidak dapat terisi daya

Cara  mengatasi iPhone, iPad, atau iPod touch tidak dapat terisi daya

Jika baterai handphone Anda tidak dapat diisi daya atau pengisian daya cenderung lambat, atau jika Anda melihat pesan peringatan, ketahui yang harus dilakukan.

Menyambungkan ke sumber daya
Jika Anda mencoba mengisi daya secara nirkabel dengan iPhone 8 atau versi lebih baru, pastikan terlebih dulu Anda dapat mengisi daya menggunakan adaptor dan kabel USB yang disertakan dengan perangkat. Jika berfungsi dengan baik, dapatkan bantuan terkait pengisian daya nirkabel. Untuk aksesori pihak ketiga, periksa apakah aksesori tersebut disertifikasi Apple.

Untuk mengisi daya perangkat, ikuti langkah-langkah berikut:

→Sambungkan perangkat ke kabel USB yang disertakan.
Sambungkan ke salah satu dari tiga sumber daya berikut:

→Stopkontak daya
Sambungkan kabel pengisi daya USB ke adaptor daya USB, lalu pasang adaptor ke stopkontak dinding.

→Komputer
Sambungkan kabel pengisi daya ke port USB 2.0 atau 3.0 yang aktif dan tidak dalam mode tidur. Jangan gunakan port USB di keyboard.

→Aksesori daya
Sambungkan kabel ke hub USB berdaya, stasiun dock, atau aksesori resmi Apple lain.

Jika pengisian daya perangkat berjalan lambat atau perangkat tidak dapat mengisi daya

Gunakan langkah-langkah berikut, lalu coba lagi setelah setiap langkah :

→Periksa kabel pengisi daya dan adaptor USB terkait tanda-tanda kerusakan, seperti ujung yang retak atau bengkok.1 Jangan gunakan aksesori yang rusak.

→Gunakan stopkontak dinding, lalu periksa adanya sambungan yang kuat antara kabel pengisi daya, adaptor dinding USB, dan stopkontak dinding, atau kabel daya AC, atau coba stopkontak lain.

→Bersihkan debu dari port pengisi daya di bagian bawah perangkat, kemudian sambungkan kabel pengisi daya ke perangkat dengan kuat. Jika port pengisi daya rusak, perangkat Anda mungkin perlu diservis.

→Isi daya perangkat selama setengah jam (jika perangkat tidak merespons setelahnya, pelajari tindakan yang harus dilakukan).
→Memaksa perangkat agar memulai ulang:

Model iPad dengan Face ID:
1. Tekan dan lepas dengan cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Tekan dan tahan tombol Atas hingga perangkat dimulai ulang.
2. iPhone 8 atau versi lebih baru: Tekan dan lepas cepat tombol Volume Naik. Tekan dan lepas cepat tombol Volume Turun. Tekan terus tombol Samping hingga Anda melihat logo Apple.
3. iPhone 7, iPhone 7 Plus, dan iPod touch (generasi ke-7): Tekan dan tahan tombol Samping (atau Atas) dan tombol Volume Turun selama 10 detik, hingga Anda melihat logo Apple.
4. iPad dengan tombol Utama, iPhone 6s atau versi lebih lama, dan iPod touch (generasi ke-6) atau versi lebih lama: Tekan dan tahan tombol Samping (atau Atas) dan tombol Utama selama 10 detik, hingga Anda melihat logo Apple.

→Terus isi daya perangkat selama setengah jam ke depan.
→Jika perangkat tidak dapat diaktifkan atau terisi daya, bawa perangkat, kabel pengisi daya, dan adaptor pengisi daya ke Apple Retail Store atau Penyedia Layanan Resmi Apple untuk dievaluasi. Anda juga dapat menghubungi Dukungan Apple.

Jika perangkat Anda berhenti mengisi daya di tingkat 80 persen


iPhone mungkin akan semakin panas selama pengisian. Untuk memaksimalkan masa pakai baterai Anda, jika baterai menjadi terlalu panas, perangkat lunak dapat membatasi pengisian daya di atas 80 persen. iPhone akan kembali mengisi saya saat temperatur menurun. Coba pindahkan iPhone dan pengisi daya ke lokasi yang lebih dingin.

iOS 13 menggunakan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan agar baterai lebih awet dengan mengurangi waktu pemakaian iPhone dalam kondisi bateri penuh. IPhone menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat untuk memahami rutinitas pengisian daya harian Anda sehingga perangkat dapat menunggu hingga Anda perlu menggunakan iPhone untuk menyelesaikan pengisian hingga melewati 80 persen.2 Mengisi daya dengan cara ini dapat mengurangi keausan baterai dan meningkatkan masa pakainya. Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan hanya aktif saat iPhone memprediksi bahwa perangkat akan dihubungkan ke pengisi daya untuk jangka waktu yang lama.

Jika ada peringatan yang menyatakan bahwa aksesori tidak didukung atau tidak resmi

Peringatan tersebut dapat muncul karena beberapa alasan: Perangkat iOS mungkin memiliki port pengisi daya yang rusak atau kotor, aksesori pengisi daya cacat, rusak, atau tidak resmi Apple, atau pengisi daya USB tidak didesain untuk mengisi daya perangkat. Ikuti langkah-langkah berikut:

→Bersihkan debu dari port pengisian daya di bagian bawah perangkat.
→Mulai ulang perangkat iOS.
→Coba kabel atau pengisi daya USB lain.
→Pastikan Anda memiliki iOS versi terbaru.
→Hubungi Dukungan Apple untuk mengatur layanan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel